Senin, 15 Oktober 2018

Sistem Informasi Bisnis Ritel

Modul BPR
Prodi BDP SMKN 1 Pamekasan

BAB VI
SISTEM INFORMASI DAN PERSEDIAAN DALAM BISNIS RITEL

·         supply chain management (SCM) = manajemen jaringan persediaan adalah proses penyatuan bisnis terkait dengan penyediaan produk untuk pemakai akhir untuk menambah nilai pelanggan.
·         SCM menurut Oliver dan Weber pada tahun 1982. adalah jaringan fisiknya, yakni perusahaan–perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir,
·         supply chain management adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaan
·         SCM James A. dan Mona J. Fitzsimmons, adalah sebuah sistem pendekatan total untuk mengantarkan produk ke konsumen akhir dengan menggunakan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan semua elemen supply chain dari mulai pemasok ke pengecer,
·         menurut Chase, Aquilano, Jacobs adalah sistem untuk menerapkan pendekatan secara total untuk mengelola seluruh aliran informasi, bahan, dan jasa dari bahan baku melalui pabrik dan gudang ke konsumen akhir.
·         Robert J. Vokurka, Gail M. Zank dan Carl M. Lund III mendefinisikan SCM sebagai suatu koordinasi strategis dari rantai pasokan dengan tujuan untuk mengintegrasikan manajemen penawaran dan permintaan.
·         Russell dan Taylor mendefinisikan bahwa supply chain management adalah mengelola arus informasi, produk dan pelayanan di seluruh jaringan baik itu pelanggan, perusahaan hingga pemasok
·         Kegiatan SCM meliputi : integrasi pengelolaan kegiatan dari ritel, pemasok, dan perusahaan transportasi serta produsen untuk memastikan produk senantiasa tersedia.
·         Keuntungan/keunggulan SCM :
1.       Meningkatkan ketersediaan produk:
a.       Memenuhi kepentingan ketersediaan barang dagangan yang sifatnya cepat habis
b.      Memenuhi kebutuhan pelanggan (dimana mendapatkannya dan barang yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya)
2.       Meningkatkan Return on Invesment
-          SCM yang efisien dapat meningkatkan laba dan penjualan bersih. Laba dapat meningkatkan margen kotor atau menurunkan biaya.
-          ROI  adalah kemampuan untuk menghasilkan suatu terget pengembalian atau investasi
-          Rumus ROI = margin laba bersih x asset turnover
Arus informasi bisnis ritel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar