Modul BPR
Prodi BDP SMKN 1 Pamekasan
BAB VI
SISTEM INFORMASI DAN
PERSEDIAAN DALAM BISNIS RITEL
·
supply
chain management (SCM) = manajemen jaringan persediaan adalah proses penyatuan
bisnis terkait dengan penyediaan produk untuk pemakai akhir untuk menambah
nilai pelanggan.
·
SCM menurut Oliver dan Weber pada tahun 1982. adalah
jaringan fisiknya, yakni perusahaan–perusahaan yang terlibat dalam memasok
bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir,
·
supply chain management adalah metode, alat,
atau pendekatan pengelolaan
·
SCM James A. dan Mona J. Fitzsimmons, adalah sebuah
sistem pendekatan total untuk mengantarkan produk ke konsumen akhir dengan
menggunakan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan semua elemen supply
chain dari mulai pemasok ke pengecer,
·
menurut Chase, Aquilano, Jacobs adalah sistem
untuk menerapkan pendekatan secara total untuk mengelola seluruh aliran
informasi, bahan, dan jasa dari bahan baku melalui pabrik dan gudang ke
konsumen akhir.
·
Robert J. Vokurka, Gail M. Zank dan Carl M.
Lund III mendefinisikan SCM sebagai suatu koordinasi strategis dari rantai pasokan
dengan tujuan untuk mengintegrasikan manajemen penawaran dan permintaan.
·
Russell dan Taylor mendefinisikan bahwa supply
chain management adalah mengelola arus informasi, produk dan pelayanan di
seluruh jaringan baik itu pelanggan, perusahaan hingga pemasok
·
Kegiatan
SCM meliputi : integrasi pengelolaan kegiatan dari ritel, pemasok, dan
perusahaan transportasi serta produsen untuk memastikan produk senantiasa
tersedia.
·
Keuntungan/keunggulan
SCM :
1.
Meningkatkan
ketersediaan produk:
a.
Memenuhi
kepentingan ketersediaan barang dagangan yang sifatnya cepat habis
b.
Memenuhi
kebutuhan pelanggan (dimana mendapatkannya dan barang yang sesuai dengan
keinginan dan kebutuhannya)
2.
Meningkatkan
Return on Invesment
-
SCM
yang efisien dapat meningkatkan laba dan penjualan bersih. Laba dapat
meningkatkan margen kotor atau menurunkan biaya.
-
ROI adalah kemampuan untuk menghasilkan suatu
terget pengembalian atau investasi
-
Rumus
ROI = margin laba bersih x asset turnover
Arus informasi bisnis ritel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar