Senin, 15 Oktober 2018

MANAJEMEN BISNIS RITEL

Modul Mapel Pengelolaan Bisnis Ritel (PBR)
Prodi Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Pamekasan
KD.3.2
KD.4.2


BAB II : MANAJEN BISNIS RITEL
A.      Hal yang perlu dipahami sebelum menentukan strategi ritel:
a.    Target pasar ritel
b.    Format ritel
c.     Keunggulan bersaing ritel
B.      Strategi bauran ritel (retail mix):
·      Adalah usaha mengkombinasi komponen / variabel ritel untuk menarik  minat konsumen
·      Komponen ritel mix terdiri dari:
1.    Produk  (barang dagangan)
2.    Harga
3.    Promosi
4.    Pelayanan
5.    Fasilitas fisik
1.       Produk (product mix)
·      Adalah seluruh penawaran yang dilakukan perusahaan kepada konsumen
·      Komponen produk yang harus dipertimbangakan:
a.    Variety (Kelengkapan)
b.    Witdth (Panjang)
c.Depth (Kedalaman)
d.    Consistency (konsistensi)
e.    Balance (keseimbangan)
2.       Promosi
·      Tujuan promosi adalah
·      Kegiatan promosi meliputi :
a.    Iklan
b.    Penjualan langsung
c.     Promosi penjualan
d.    Publik relasi (humas)
3.       Pelayanan
·      Adalah berwujud aktivitas, manfaat, kepuasan dari sesuatu yang ditawarkan atau diberikan kepada pelanggan
·      Jenis – jenis pelayanan dalam bisnis ritel:
a.    Waktu pelayanan toko
b.    Pengiriman dan penyerahan barang
c.     Penanganan keluhan pelanggan
d.    Penerimaan pesanan melalui telp, pos, dan internet
e.    Penyediaan fasilitas parkir
4.       Fasilitas fisik
·         Adalah faktor dominan dalam menghasilkan citra ritel kepada konsumen.
·         Elemen penting dari tampilan fisik adalah:
a.       Lokasi toko
b.      Tata letak toko
c.       Desain toko : eksterior dan interior
C.      Strategi pengembangan keunggulan bersaing berkelanjutan
·         Ada 7 peluang yang harus diperhatikan peritel dalam menghasilkan keunggulan bersaing berkelanjutan, yaitu:
a.       Loyalitas konsumen
b.      Lokasi
c.       Manajemen SDM
d.      Sistem distribusi dan informasi
e.      Barang dagangan yang unik
f.        Hubungan dengan sesama pedagang
g.       Layanan konsumen
D.      Strategi – strategi pertumbuhan bisnis ritel
·         Empat strategi pertumbuhan ritel, yaitu:
a.       Penembusan pasar = usaha menarik konsumen agar berbelanja di toko.
Caranya:
-          untuk pelanggan lama lebih sering berkunjung atau lebih banyak berbelanja dalam sekali kunjungan
-          pelanggan baru beralih belanja ke ritel kita. Caranya dengan merubah pola belanja (daily shopping, weekly shopping, dan montly shopping)
b.      Perluasan pasar = menambah varian produk yang berbeda dalam satu toko ritel
c.       Pengembangan format ritel = dilakukan dengan cara menawarkan format ritel yang baru atau mengabungkan bebeerapa toko ritel yang memiliki pasar sasaran yang sama
d.      Diversifikasi = menjual barang dagangan yang tidak terkait dengan produk yang dijual di toko saat ini
e.      Penyatuan vertikal = integrasi usaha ritel dengan pabrikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar