Senin, 15 Oktober 2018

Manajemen SDM Bisnis Ritel

Modul Mapel Pengelolaan Bisnis Ritel
Prodi Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Pamekasan
KD3.2
KD.4.2


Sebelum mempelajari bab 3, jawablah pertanyaan berikut!
1.       Mengapa perusahaan ritel perlu meningkatkan SDM atau karyawannya!
2.       Sebutkan 3 hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan SDM perusahaan ritel!
3.       Sebutkan aspek – aspek yang terkait dengan pengelolaan SDM perusahaan ritel!

BAB III : ASPEK SDM DALAM BISNIS RITEL

·         Tujuan pengelolaan SDM adalah agar karyawan produktif.
1.       Cara mengukur produktivitas karyawan yaitu dengan membandingkan jumlah penjualan+keuntungan dengan jumlah karyawan.
2.       Cara meningkatkan produktivitas adalah dengan :
a.       Menaikkan jumlah penjualan
b.      Mengurangi karyawan
c.       Menaikkan penjualan sekaligus mengurangi karyawan
·         Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan SDM:
1.       Perhitungan biaya tenaga kerja menunjang efisiensi biaya operasional
2.       Kemahiran karyawan (keramahan menyambut dan memberi informasi kepada pembeli, keahlian memajang barang dagangan dan menyeleksi barang dagangan) merupakan fungsi utama kegiatan ritel
3.       Kinerja operasional ritel terpangaruh oleh pengelolaan SDM yang pada akhirnya menjadi pembeda (ciri khas) ritel yang sulit ditiru pesaing
·         Aspek – aspek yang terkait dalam pengelolaan SDM meliputi:
1.       Struktur ogranisasi
-          Struktur organisasi menentukan efektivitas organisasi perusahaan
-          Struktur organisasi terlihat dalam 4 macam bagan organisasi:
a.       Organisasi fungsional
b.      Organisasi berdasar produk
c.       Organisasi berdasar geografis
d.      Organisasi kombinasi
2.       Bentuk organisasi
a.       Organisasi ritel tunggal (single store)
b.      Organisasi ritel regional (department store)
c.       Organisasi ritel terpusat
3.       Motivasi karyawan
-          Dilaksanakan dengan mendasarkan pada 4 metode:
a.       Kebijakan tertulis (agar karyawan bekerja tidak bingung)
a.1 sebagai dasar pelaksanaan karyawan
a.2 sebagai dasar pengawasan karyawan
b.      Pemberian insentif
- untuk memotivasi karyawan agar bekerja lebih giat.
- bentuk insentif yatiu komisi dan bonus. komisi = kompensasi yang didasarkan pada rumusan yang ditetapkan perusahaan. bonus = kompensasi tambahan yang diberikan perusahaan secara periodik
c.       Membangun budaya organisasi
-       Membangun kebiasaan karyawan agar mempunyai kinerja sesuai dengan yang diharapkan.
d.      Membangun komitmen karyawan
-  Beberapa pendekatan ritel membangun komitmen karyawan:
1.       mengembangkan keterampilan karyawan melalui seleksi dan pelatihan
2.       mengikut sertakan karyawan dalam membuat keputusan
3.       menjalin kemitraan dengan karyawan
sebelum mempelajari bab 5. Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.       Mengapa penentuan lokasi penting bagi kegiatan bisnis ritel!
2.       Sebutkan 3 cara penentuan lokasi bisnis ritel!
3.       Sebutkn data yang diperlukan dalam penentuan lokasi bisnis ritel!
4.       Sebutkan faktor yang mempengaruhi permintaan suatu wilayah atau area perdagangan ritel
5.       Jelaskan aksesibilitas
6.       Jelaskan dan bedakan zona area perdagangan ritel!
7.       Sebutkan metode pengukuran permintaan lokasi ritel
8.       Sebutkan tipe – tipe lokasi ritel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar